0 comments

Tokoh Film Ini Benar-Benar Nayata

Berikut ini adalah nama-nama kelima tokoh fiksi itu dalam dunia nyata. Siapa saja mereka?

Sherlock Holmes


Sherlock Holmes merupakan tokoh rekayasa detektif paling tersohor sejagat. Banyak orang menggemari figur satu ini, namun ternyata tokoh ini terinspirasi dari seorang dokter dengan kemampuan hebat bernama Dr. Joseph Bell. Dia juga menjadi dosen di Universitas Edinburgh di Skotlandia pada abad ke-19.

Pengarang Holmes Arthur Conan Doyle asal Inggris berkenalan dengan Bell. Dokter itu tersohor lantaran kemampuannya menyelidiki dan cepat menarik kesimpulan yang tidak mampu dipikirkan orang banyak. Ini ciri utama Holmes. Bell juga menjadi penasihat polisi Skotlandia untuk beberapa kasus pembunuhan yang tidak mampu terpecahkan oleh penegak hukum negara itu.
 

Zorro


Zorro merupakan tokoh rekayasa tentang pahlawan bertopeng di budaya pop. Berpedang tajam, serta mempunyai kemampuan bela diri mumpuni, figur ini telah ada sejak 1919, juga sudah dibuat berbagai versi termasuk film, buku, drama televisi, dan lain-lain.

Ternyata tokoh Zorro terinspirasi dari seseorang bernama Joaquin Murrieta, terkenal sebagai Robin Hoodnya Meksiko. Lahir pada 1829, Murrieta menemukan tambang emas di Negara Bagian California, Amerika Serikat. Akibatnya seluruh keluarga dia dibunuh oleh orang-orang Amerika. Murrieta mencari keadilan legal di Negeri Paman Sam atas kelakuan bejat sekelompok penjahat menghabisi keluarganya namun dia tidak mendapatkannya.

Kesal lantaran diskriminasi keadilan itu Murrieta akhirnya membentuk geng dan membalas orang-orang telah membunuh keluarga. Dia melakukan aksi balasan dengan menggunakan topeng. Namun geng dia mengembangkan keahlian dengan merampok bank serta membunuh banyak orang hingga akhirnya beberapa koboi dari Negara Bagian Texas membunuh Murrieta pada 1853. Segera setelah kematiannya dia menjadi legenda pahlawan dari Meksiko.

Tintin


Tokoh kartun diangkat dari komik Tintin menceritakan seorang jurnalis ditemani anjing bernama Snow White. Karakter ini dibuat pada 1929 dan hingga kini banyak dibuat berbagai versi film maupun tayangan televisi.

Namun tahukah Anda tokoh ini terinspirasi dari seseorang bernama Palle Huld yang berkeliling dunia hanya dalam waktu 44 hari. Peristiwa ini terjadi pada 1928, setahun sebelum tokoh Tintin dibuat. Salah satu episode Tintin berkelana keliling dunia dalam waktu 80 hari terinspirasi dari kisah ini.

Indiana Jones


Tokoh rekayasa seorang petualang dan arkeologi ternama Indiana Jones ternyata benar-benar ada di dunia nyata. sebenarnya banyak orang merujuk pada figur ini, namun yang paling mendekati yakni Hiram Bingham III asal Inggris.

Bingham III merupakan? profesor ilmu sejarah di Universitas Yale, Amerika Serikat. Dia bekerja di perguruan tinggi itu pada 1907-1915. Dia lelaki pertama menemukan peradaban Machu Picchu di Peru. Salah satu film Indiana Jones tersohor yakni Rahasia Inca yang sangat identik dengan Bingham III.

James Bond


Tokoh rekayasa agen rahasia Inggris James Bond dengan simbol 007 ternyata benar-benar ada di dunia nyata. Dia adalah Forest Yeo Thomas. Seorang mata-mata asal Britania tersohor di Perang Dunia ke II.

Thomas penerjun payung handal dan tiga kali menjalani misi rahasia yang diperintahkan oleh Perdana Menteri Winston Churchill saat itu berkuasa. Dia ditangkap dan disiksa oleh kelompok Gestapo di bawah asuhan Partai Nazi Jerman. Thomas ditahan di salah satu kamp konsentrasi namun dia mampu melarikan diri. Dia satu-satunya tahanan partai pimpinan Adolf Hitler itu yang mampu kabur dari penjagaan ketat tentara Nazi.

Agen rahasia dengan panggilan kelinci putih inilah yang akhirnya menjadi tokoh inspirasi James Bond.



0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top