0 comments

Spesies Ikan Baru yang Mirip Kadal

http://coba-liat.blogspot.com/
Spesies Ikan Baru yang Mirip Kadal
Spesies Ikan Baru yang Mirip Kadal - Tim peneliti belum lama ini telah menemukan spesies ikan baru yang dinamakan Balitora Jalpalli di anak Sungai Bharathapuzha, Sungai Kunthi, Silent Valley National Park, India. 

Dilansir NewIndianExpress, ikan ini merupakan ikan air tawar baru yang memiliki sifat unik yaitu suka menempel di bebatuan sungai.

Adapun, lima karakter utama Balitora Jalpalli diantaranya seperti kepala panjang, bentuk batang ekornya yang berbeda dari kebanyakan ikan lainnya, lebar kepala, dan perbedaan jumlah pola pada sirip belakang.

Tim peneliti mengungkapkan nama “Jalpalli” berasal dari bahasa Sanskerta. “Jal” artinya adakah air, sedangkan “Palli” artinya penampilan ikan yang menyerupai kadal. Balitora Jalpali memiliki panjang badan 61,7 milimeter dengan kulit berwarna cokelat kekuningan.

“Sementara kami masih mencari informasi lebih lanjut mengenai spesies baru ini, keragaman ikan air tawar di wilayah ini berada di bawah ancaman beragam kegiatan manusia di lingkungan sekitar sungai,” jelas ketua tim peneliti dari Zoological Survey of India, Rajeev Raghavan.

Dari 12 spesies Balitora tersebar di dunia, empat diantaranya ditemukan di India, seperti  ikan Balitora burmanica, Balitora brucei, Balitora lati cauda, dan Balitora mysorensis.

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top