0 comments

Hati-hati Kalau Dapat Bocoran UN

http://coba-liat.blogspot.com/
Hati-hati Kalau Dapat Bocoran UN
Hati-hati Kalau Dapat Bocoran UN - Tahun lalu, banyak siswa SMA urunan membeli bocoran kunci jawaban atau soal ujian nasional (UN) dengan harapan dapat memuluskan jalan mereka menyongsong kelulusan. Faktanya, mereka yang kedapatan menggunakan jalan curang justru dicoret dari daftar peserta UN dan serta-merta gugur. Kelulusan pun tinggal bayangan.

Isu bocoran soal dan kunci jawaban UN memang selalu menyeruak dari tahun ke tahun. Menurut salah satu siswi SMAN 111 Jakarta, Bunga Eja, meski UN 2013 baru akan digelar dua minggu lagi, sudah ada teman-temannya yang patungan untuk membeli bocoran kunci jawaban UN. Teman-teman Bunga dari jurusan IPA dan IPS ini, kata Bunga, masing-masing mengeluarkan uang Rp100 ribu untuk transaksi tersebut. 

Bunga bercerita, aksi teman-temannya itu memang dilakukan tanpa sepengetahuan guru. Namun dia yakin, para guru mengetahuinya meski hanya menanggapi dengan senyuman. Pasalnya, ujar Bunga, guru-guru di sekolahnya selalu mengingatkan, siswa sebaiknya tidak terlalu mempercayai informasi tentang bocoran soal atau kunci jawaban UN.  

"Kita harus percaya diri sendiri dan jujur. Hal itu penting demi kelancaran UN. Saya sendiri masih pikir-pikir untuk pakai bocoran soal," kata Bunga.

Cerita serupa disampaikan Siska Anggun Pratiwi. Menurut siswi SMA Cinta Kasih Tzu Chi itu, perihal jual beli bocoran soal atau kunci jawaban santer di Blackberry Messenger (BBM) dan SMS. Namun, Siska mengaku, tidak akan berbuat curang dan memanfaatkan bocoran soal atau kunci jawaban UN itu. 

"Lebih baik usaha sendiri dan berdoa kepada Tuhan," imbuhnya. 

Sementara itu, bagi Minggus Unedo, siswa SMKN 38 Jakarta, peserta UN harus hati-hati menghadapi keberadaan bocoran soal dan kunci jawaban UN. Pasalnya, keberadaan 30 paket soal UN akan sangat membingungkan mereka yang memanfaatkan alat curang itu. Misalnya kunci jawaban paket soal A yang didapat ternyata untuk paket soal B. 

"Mau dipakai atau tidak, kita harus bandingkan dulu antara soal dan jawaban, karena takut terjadi kekeliruan. Soalnya, tidak semua bocoran kunci jawaban benar," tuturnya.


buat para pelajar semangat ya..
semoga tempat sekolah kalian "LULUS" 100%

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top