0 comments

Untuk Cegah Infeksi Bertambah Parah, Biarkan Tubuh Kelaparan

Saat jatuh sakit, hal yang pertama disarankan dan dilakukan banyak orang adalah menjaga asupan nutirisi. Salah satu caranya adalah dengan segera memakan banyak makanan. Namun sebuah penelitian menemukan bahwa apabila terkena infeksi, malah sebaiknya mengurangi makan.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Biology Letters menemukan bahwa perut lapar saat demam karena infeksi dapat menjadi obat yang efektif. Perut yang kenyang dan makanan yang berlimpah justru dapat mempercepat penyebaran infeksi, demikian menurut para ilmuwan di University of Edinburgh.


http://coba-liat.blogspot.com/
Cegah Infeksi Bertambah Parah
Para peneliti mengamati infeksi bakteri pada kutu air dan menemukan bahwa menambah pasokan makanan justru mempercepat penyebaran infeksi. Ketika parasit yang menginfeksi kutu air diberi makanan yang cukup, kutu air malah menjadi sangat menular dibandingkan ketika lapar.

"Jika kita punya gagasan bagaimana menangani individu yang menularkan banyak penyakit, kita akan lebih mampu menghentikan penyebarannya," kata peneliti, Dr Pedro Vale dari School of Biological Sciences di University of Edinburgh seperti dilansir Counsel and Heal.

Para peneliti menjelaskan bahwa beberapa kutu air yang cukup diberi makan ternyata lebih menular daripada kutu air lainnya karena mampu bertahan hidup lebih lama bersama parasit. Akibatnya, parasit jadi punya waktu lebih banyak untuk berkembang biak.

Bakteri parasit yang tumbuh di usus kutu air melepaskan spora yang menular ketika kutu air mati. Peneliti menemukan bahwa di antara sekian banyak kutu air yang diberi makan cukup banyak, ada yang membawa parasit lebih banyak dari yang lain sehingga lebih rentan menyebarkan penyakit.

"Kita tahu bahwa kontak antara individu adalah penting, tetapi sekarang kita tahu bahwa setidaknya untuk beberapa hewan, nutrisi juga dapat berperan penting dalam penyebaran penyakit," jelas Vale.

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top