0 comments

Tips Menjaga Kualitas Sperma Agar Tetap Sehat

Tips Menjaga Kualitas Sperma Agar Tetap Sehat
Tips Menjaga Kualitas Sperma Agar Tetap Sehat - Kesehatan sperma dinilai dari jumlah sperma,motilitas (gerakan), morfologi (bentuk dan struktur sperma) dan volume (volumetotal ejakulasi).

Pria yang sehat akan memproduksi 70-150 jutasperma per hari. Sperma ini terdapat dalam air mani yang mana rata-rata volumeair mani normal yang dihasilkan pada ejakulasi adalah 2-5 ml (setengah sampai 1sendok makan ukuran Inggris).

"Gaya hidup Anda adalah kunci. Jikalingkungan kerja Anda sangat panas atau jika Anda terkena racun, seperti disebuah pabrik kimia, dapat menyebabkan penurunan jumlah sperma Anda," kataDr Hrishikesh Pai, ginekolog dan spesialis infertilitas dari Lilavati Hospital,seperti dilansir indiatimes.

Kegiatan seperti mandi uap, sauna danmenghabiskan lebih dari 30 menit dalam bak air bersuhu 40 derajat celsius ataulebih, juga dapat menurunkan jumlah atau merusak kualitas sperma.

"Naik sepeda terlalu lama akan menaikkansuhu skrotum dan mempengaruhi produksi sperma. Seringlah berhenti untukistirahat saat bersepeda, agar skrotum beberapa derajat lebih rendah dari suhutubuh, itu lebih baik. Ganti pakaian ketat dengan celana boxer, walaupun tidakseksi tapi boxer menawarkan lebih banyak udara mengalir ke skrotum. Juga, janganmenggunakan laptop di pangkuan Anda," jelas sexpert, Dr Mahinder Watsa.

Untuk tetap aman, yang terbaik adalahmelakukan uji analisis air mani di laboratorium, sehingga perubahan gaya hiduptertentu dapat dibuat untuk meningkatkan kesehatan sperma Anda dari waktu kewaktu.

Bagaimana menjadi sperma agar tetap sehat?

Zinc (zat seng) yang terkandung dalam pisang,tiram dan almond, merupakan alat bantu sintesis testosteron dan dapatmeningkatkan jumlah sperma, motilitas dan volume.

Ahli gizi mengatakan makanan dengan kadartinggi vitamin A (wortel, susu, keju, telur), vitamin C (jeruk, stroberi,brokoli) dan vitamin E (kacang tanah, bayam, kacang almond, hazelnut) jugadapat mengoptimalkan kesehatan sperma.

Selenium yang banyak terdapat pada makananseperti bawang putih dan Lycopene pada makanan seperti tomat dan semangka,dapat membantu mencegah kerusakan oksidatif pada sperma.

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top