0 comments

Polisi Perut Buncit Dilarang Atur Lalu Lintas di Vietnam

http://coba-liat.blogspot.com/
Polisi Perut Buncit
Polisi Perut Buncit Dilarang Atur Lalu Lintas di Vietnam - Tak hanya di Indonesia, polisi gendut pun menjadi masalah di Vietnam. Bedanya, di negara komunis itu aturannya lebih tegas. Bagi polisi gendut, berperut buncit dan bertubuh pendek dilarang untuk mengatur lalu lintas di jalanan ibukota Hanoi, Vietnam.

Ketentuan ini diberlakukan otoritas setempat dalam rangka meningkatkan citra kepolisian di mata publik. Polisi gendut itu hanya diperbolehkan menjalankan tugas administrasi di kantor. Meski demikianm, persyaratan khusus mengenai tinggi dan berat badan bagi anggota Kepolisian Vietnam belum diatur secara tertulis.

"Polisi dengan perut buncit, atau mereka yang badannya terlalu kecil, akan dimutasi untuk menjalankan tugas administrasi di kantor demi menghindari kontak langsung dengan masyarakat," tegas Kolonel Dao Vinh Thang seperti dilansir AFP.

Namun Kepala Divisi Lalu Lintas Kepolisian Hanoi, Kolonel Dao Vinh Thang menyatakan, pihaknya tengah mendata para personelnya yang belum pernah menjalani pengukuran tinggi dan berat badan. Bagi mereka yang tidak memenuhi persyaratan baru tersebut, lanjut Dao, dengan sangat terpaksa akan dimutasi.

"Hal ini merupakan salah satu strategi untuk membangun kembali citra baik polisi lalu lintas Hanoi di mata masyarakat sepanjang tahun 2013 ini," imbuhnya.

Selama ini, polisi lalu lintas di Vietnam, terutama di Ibukota Hanoi, memang dikenal dengan citranya yang buruk di mata publik. Terlebih, survei terbaru yang didanai oleh Bank Dunia menobatkan Divisi Lalu Lintas Kepolisian Vietnam sebagai institusi paling korup di negara komunis ini.

Pada tahun 2011 lalu, otoritas setempat melarang setiap polisi lalu lintas di Vietnam untuk memakai kacamata hitam saat bertugas. Mereka juga dilarang untuk bersembunyi di balik pohon demi menjebak para pengguna jalan agar kena tilang.

Meski dinilai sedikit diskriminatif, namun aturan baru ini dianggap sebagai langkah yang baik untuk meningkatkan persepsi publik terhadap polisi. Salah seorang polisi Vietnam, Nguyen Trong Thai mengaku dirinya menyambut baik aturan ini.

"Memang diperlukan bagi para polisi untuk melakukan latihan fisik secara rutin.

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top