0 comments

Mobil Perkotaan Termungil

http://coba-liat.blogspot.com/
Mobil Perkotaan Termungil
Mobil Perkotaan Termungil - Di pameran otomotif Geneva Motor Show Toyota akan memperkenalkan i-Road pada ajang Geneva Motor Show 2013. Dengan memiliki desain termungil, kendaraan listrik dari Toyota ini siap menjadi transportasi perkotaan masa depan.

Dalam siaran pers, Toyota, kendaraan listrik dengan desain fleksibel yang memiliki 2 penumpang ini, bisa berlari hingga 50 km, dengan sekali mengisi baterai.

I-Road menggunakan teknologi yang disebut dengan 'Active Lean', yang membuat kendaraan dengan 3 roda ini bisa melakukan manuver miring layaknya sebuah sepeda motor. Bahkan pecinta otomotif tidak perlu khawatir untuk terjatuh, soalnya kendaraan listrik mungil ini telah lolos dalam uji coba.

I-Road merupakan hasil garapan Toyota dalam penelitian selama 40 tahun, untuk bisa melahirkan kendaraan ramah lingkungan. Kendaraan ini memiki panjang 2.350 mm, tinggi 1.445 mm, memiliki wheelbase mencapai 1.700 mm, dan hanya memiliki berat mencapai 300 kg.

Selanjutnya Toyota menjamin I-Road, akan memiliki kenyamanan, menawarkan perlindungan dari segala cuaca, dan menjadi kendaraan yang lebih baik dan lebih aman dibandingkan dengan kendaraan roda dua seperti skuter atau sepeda motor.

Namun memiliki manfaat yang sama, dengan biaya operasional yang rendah, mudah parkir dan menjadi kendaraan yang tepat untuk didalam kota. Bahkan Toyota mengklaim kendaraan yang satu ini akan menjadi kendaraan yang menyenangkan untuk dikendarai.

Baterai lithium ionnya menghasilkan tenaga hingga 2 kW, yang berfungsi untuk menggerakan mesin depan. Bahkan berkat tubuh mungilnya, I-Road memberikan akselerasi yang cepat tanpa suara. Dan hanya butuh 3 jam untuk mengisi ulang baterai sebelum berkendara.

Kelebihan lainnya sebuah ECU bisa menghitung berapa derajat yang dibutuhkan saat melakukan manuver, bahkan ECU juga akan terhubung bersama gyro-sensor dan bisa memberikan informasi seberapa cepat kendaraan ini melaju.

Sebuah sistem otomatis juga disediakan, dimana I-Road bisa menggerakkan roda atas dan ke bawah dalam arah yang berlawanan, menerapkan sudut kemiringan untuk melawan gaya sentrifugal saat menikung.

Sistem ini juga beroperasi ketika I-Road sedang melaju dalam garis lurus dipermukaan. Aktuator secara otomatis mengkompensasi perubahan jalan untuk menjaga keseimbangan tingkat tubuh. 

Tidak diperlukan keahlian mengendara yang khusus untuk bisa menunggangi I-Road. Soalnya sistem 'Active Lean' menawarkan pengalaman berkendara yang unik.

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top