0 comments

Jagalah Ketebalan Dompetmu

http://coba-liat.blogspot.com/
Jagalah Ketebalan Dompetmu
Jagalah Ketebalan Dompetmu - Hallo mahasiswa-mahasiswi yang selalu sedih di akhir bulan. Kehabisan uang bulanan, ya? Enggak bisa makan, ya? Enggak bisa ngeprint tugas, ya? Harus cari pinjaman sana-sini? Pasti pada bingung, kok, bisa tahu semuanya? Iyalah tahu, saya juga merasakannya, Kawan. Ya, itulah roda kehidupan anak rantau, awal bulan uang kiriman masih menghiasi dompet. Nah, di akhir bulan, uangnya sudah tak tahu ke mana  sampai dompet tipis merata.
 
Susah memang untuk menyiasati agar dompet selalu tetap terjaga ketebalannya. Ketebalan di sini maksudnya isi uang lho, ya, bukan tebal karena banyak nota enggak penting. Ya, kita harus mengatur dengan baik uang jatah itu, jangan boros di awal bulan. Enggak usah beli sesuatu yang belum kita perlukan untuk bulan itu atau bisa dibilang sesuatu yang enggak penting-penting amat. Nah, ini nihmasalah utama para mahasiswi yang susah menjaga ketebalan dompetnya, membeli sesuatu yang belum diperlukan. Biasanya mahasiswi kalau lagi BT pasti larinya ke mall. Lalu kalau sudah lihat baju atau benda apalah yang menarik, pasti deh langsung tergiur pengen dibeli secara tunai. Enggak peduli itu awal atau baru jalan tengah bulan. Ingat, perjalanan kalian untuk mendapatkan uang jatah kembali masih panjang. Begini deh, daripada ke mall, mending ke perpustakaan aja. Enggak menghabiskan uang, kan? Selain mahasiswi, ada juga mahasiswa yang biasanya enggak bisa jaga ketebalan dompetnya karena doyan merokok. Enggak usah dulu, deh, merokoknya. Mending simpanaja uangnya buat bayar kos. Toh kalian masih muda, masa mau menghancurkan kesehatan diri kalian sendiri dengan kebiasaan merokokKasihan lho orangtua di rumah banting tulang buat menyekolahkan kalian supaya jadi orang sukses, masa iya kalian mau membuang uang sia-sia begitu saja.
 
Menjaga ketebalan dompet memang sangat penting untuk kelangsungan hidup kita. Susah memang, harus berjuang. Bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian. Mungkin itu peribahasa yang tepat untuk menggambarkan hidup mahasiswa rantau. Di awal bulan, porsi makannya yang sederhana ajadeh. Enggak usah terlalu mewah tapi cukup mengenyangkan perut, syukur-syukur bergizi. Seperti yang sudah dipaparkan tadi, enggak usah dulu deh buat belanja-belanja enggak penting. Nah, di akhir bulan bisa deh kita senang-senang, makan enak porsi mantap. Syukur-syukur bisa jalan-jalan. Hitung-hitung membayar perjuangan di awal bulan. Dengan seperti itu, kita tak perlu bersedih lagi di akhir bulan.

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top