0 comments

Festival Terbesar di Dunia

Festival Terbesar di Dunia
Festival Terbesar di Dunia - Festival religi terbesar di dunia, Kumbh Mela, akhirnya usai juga. Festival ini diakhiri dengan hampir dua juta peziarah mandi di Sungai Gangga, India. 

Rangkaian Festival Kumbh Mela yang diselenggarakan di India setiap 12 tahun selama dua bulan ini berakhir sudah. Perayaan akhir yang digelar di dua sungai suci di Kota Allahabad ini menarik jutaan peziarah dan ribuan turis asing yang penasaran. 

Festival diakhiri dengan kelompok terakhir peziarah mandi di Sungai Gangga. Total peziarah yang mandi di sungai ini selama festival adalah 120 juta orang! Para pengunjung yang datang pun turut mengambil air Sungai Gangga di dalam botol untuk ibadah di rumahnya. 

Selain berendam di Sungai Gangga, peziarah-peziarah ini melumuri tubuhnya dengan abu dan pasir, serta melantunkan doa-doa saat keluar dari sungai. "Lebih dari 60 juta orang datang ke festival ini di 2001, dan kali ini kami melihat ada sekira 120 juta orang yang berpartisipasi," kata Mani Prasad, Ketua Panitia Festival Kumbh Mela, seperti dikutip dari News.

Festival Kumbh Mela memiliki manajemen pengaturan pengunjung yang luar biasa, mengingat begitu banyak peziarah berpartisipasi. Minat mereka untuk datang tak surut meski bulan lalu sempat terjadi kecelakaan di Stasiun Kereta Allahabad yang membunuh 36 peziarah.

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top