0 comments

Alvin Lee, Gitaris Legendaris Woodstock 1969 Tutup Usia

http://coba-liat.blogspot.com/
Gitaris Legendaris Woodstock 1969 Tutup Usia
Alvin Lee, Gitaris Legendaris Woodstock 1969 Tutup Usia - Alvin Lee, gitaris yang dikenang berkat permainan gitar memesona selama sebelas menit di festival musik legendaris, Woodstock 1969, dikabarkan meninggal dunia di usia 68 tahun.

Menurut manajernya, Ron Rainey, Lee yang merupakan penggagas band Ten Years After meninggal dunia secara tak terduga di Spanyol karena komplikasi akibat prosedur operasi rutin.

Lahir dan dibesarkan di Nottingham, Inggris, Lee kemudian membentuk Ten Years After pada 1967. Grup ini langsung memulai tur konser mereka di Amerika di tahun yang sama. Ketenaran mulai diraih ketika Lee menampilkan permainan gitar lagu “I’m Going Home” di festival musik Woodstock pada 1969. Permainan gitar Gibson yang epik dan memesona selama sebelas menit tersebut diabadikan dalam film dokumenter tentang festival Woodstock.

Sepanjang perjalanan karir bersama Lee, Ten Years After mencetak sepuluh album yang menampilkan percampuran antara blues, swing jazz, dan rock. Catatan karir mereka juga dilengkapi dengan tur konser Amerika Serikat sebanyak 28 kali selama tujuh tahun.
Lee akhirnya hengkang dari band tersebut pada 1975 untuk mengarungi solo karir yang sukses besar dengan deretan nama kolaborator seperti George Harrison, Steve Winwood, dan Mick Fleetwood.

Secara keseluruhan, Lee telah merilis lebih dari dua puluh album selama 45 tahun berkiprah di dunia musik. Album terakhirnya, Still On The Road To Freedom, telah diluncurkan pada Agustus 2012.

Rainey mengaku telah menjalin hubungan yang baik dengan Lee sebagai kliennya selama 25 tahun belakangan. Salah satu hal yang masih lekat dalam ingatannya adalah cara Lee menutup telepon yang selalu diakhiri dengan, “Keep rockin’ Ron!

“Ia adalah musisi, penulis, produser, penampil, pria lemah lembut yang hebat dan sangat jarang ditemukan,” kenang Rainey.

Mantan personel Ten Years After, Leo Lyons, mengaku bahwa Lee sudah seperti saudaranya sendiri mengingat begitu banyak hal yang mereka lalui bersama. “Ia adalah inspirasi bagi sebuah generasi pemain gitar,” ungkap Lyons.

“Kami kehilangan seseorang yang hebat, ayah dan teman yang penuh cinta. Dunia telah kehilangan musisi yang sangat hebat dan berbakat,” tutur keluarga Lee yang diwakili oleh Jasmin, Evi, dan Suzanne.

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top