0 comments

5 Ciri Tubuh Anda Menua Sebelum Waktunya

http://coba-liat.blogspot.com/
Ciri Tubuh Anda Menua Sebelum Waktunya
5 Ciri Tubuh Anda Menua Sebelum Waktunya - Saat mendengar kata 'penuaan', biasanya orang akan langsung tertuju pada kulit yang kendur, kerutan atau flek kecokelatan. Tapi penuaan tidak hanya terjadi pada kulit yang ada di permukaan. Tubuh juga bisa mengalami penuaan dari dalam dan menurunkan fungsi tubuh. Jika mengalami salah satu dari lima tanda yang dikutip dari Oprah.com ini, waspadalah dan periksakan ke dokter. Bisa jadi merupakan sinyal Anda menua terlalu cepat.

Berikut Ini Adalah 5 Ciri Tubuh Anda Menua Sebelum Waktunya :

1. Mulut Kering
Kondisi ini sering disebut dengan cotton mouth. Kekeringan pada mulut setiap bangun pagi bisa jadi tanda Anda mengalami sleep apnea (terjadi ketika saluran nafas tertutup sehingga tidak ada udara yang mencapai paru-paru). Sleep apnea merupakan gangguan tidur yang berbahaya karena adanya jeda nafas saat tidur (nafas berhenti selama beberapa waktu). Gangguan tidur ini biasanya terjadi pada pria/wanita paruh baya. Jika Anda mengalaminya di usia yang masih muda, ada baiknya konsultasikan ke dokter.

2. Mata Merah
Mata sering memerah tanpa sebab? Kemungkinan Anda menderita radang sendi atau kaku otot. Menurut Dr. Mehmet Oz, Gangguan sel yang menyebabkan peradangan pada otot juga bisa mengakibatkan radang di mata, membuatnya jadi merah. Sejumlah studi menunjukkan semakin cepat Anda mengobati radang sendi, proses penyembuhannya juga lebih mudah dan tidak akan kambuh lagi dalam waktu lama.

3. Kulit Terlihat Keabuan
Jika kulit tidak bercahaya, pucat dan cenderung kusam atau berwarna keabuan, kemungkinan tanda ginjal Anda bermasalah. Ginjal merupalan organ yang berfungsi menyaring toksin dari darah yang dibuang melalui urin. Ketika gangguan pada ginjal sudah kronis, organ ini tidak bisa berfungsi dengan semestinya yang menyebabkan cairan, elektrolit dan toksin terakumulasi di tubuh sehingga kulit tampak kusam. Jika mendapati kulit Anda lebih kusam dari biasanya, segera periksa ke dokter.

4. Hilang/Berkurangnya Kemampuan Indra Penciuman
Sulit atau tidak bisa mencium bau masakan, parfum atau aroma lainnya dengan baik? Waspada! Ini bisa berarti sinyal penyakit Parkinson. Gangguan pada syaraf ini biasanya terjadi secara perlahan dan gejalanya bertambah lama bisa semakin buruk. Menyebabkan otot bergetar, pergerakan lebih lamban, otot kaku, tubuh tidak seimbang, sulit bicara dan pikun.

5. Bengkak/benjolan di Jempol Kaki
Saat memotong kuku kaki, sempatkan untuk memeriksa jempol Anda. Jempol kaki yang bengkak di ujungnya bisa mengindikasikan penyakit kanker paru-paru. Bengkak yang terjadi di engsel dan kuku adalah akibat oksigen yang tidak berhasil dikirimkan dengan baik ke seluruh tubuh. Itu artinya ada masalah pada paru-paru atau jantung. Saat jempol kaki tiba-tiba bengkak, jangan langsung panik. Cek ke dokter agar mendapat diagnosa yang tepat.

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top