0 comments

Tokoh Kartun yang Punya Gangguan Jiwa

10:31 AM
detail berita

Siapa yang tidak kenal sosok Winnie the Pooh dan kawan-kawannya yang terdiri dari Tiger, Owl, Rabbit, Eeyore, Piglet dan Christopher Robin. Tokoh-tokoh karangan A.A Milne ini telah menjadi salah satu tokoh dongeng anak yang paling terkenal sepanjang sejarah.

Namun bagi sebagian orang ternyata karakter kartun ini dianggap bermasalah, terutama jika dikaitkan dengan konsep gangguan mental dalam dunia psikologis. Sebagai bukti inilah gangguan mental yang ternyata direfleksikan dalam tiap tokoh di Winnie the Pooh.

Christopher Robins

Satu-satunya karakter manusia dalam gerombolan pooh ini diduga mengalami gangguan psikis skizophrenia, dimana penderita hidup di dunianya sendiri dan merasakan kehadiran tokoh-tokoh karangannya. Dalam kasus ini tokoh karangan tersebut yaitu sahabat hewannya.

Owl

Dalam kartun Winnie the Pooh, Owl dianggap sebagai yang paling bijak, namun juga ternyata yang paling suka menyombongkan dirinya. Menurut kajian psikologis perilaku Owl menggambarkan gangguan mental narsistik, yaitu mencintai diri sendiri secara berlebihan.

Piglet

Tokoh babi kecil yang satu ini digambarkan memiliki kecemasan yang berlebihan. Hal ini mirip dengan gangguan mental pada manusia, dimana penderitanya terus menerus cemas dan gelisah, sehingga memerlukan obat penenang.

Rabbit

Rabbit digambarkan sebagai karakter yang cerewet dan sangat cinta kerapihan dan keteraturan. Menurut kajian psikologis, sifat seperti ini cenderung pada Obsessive Compulsive Dissorder (OCD). Penderita OCD terobsesi akan suatu hal dan akan melakukan hal tersebut terus menerus. Dalam hal ini rabbit terobsesi pada kerapihan.

Eeyore

Mungkin dalam kartun Winnie the Pooh, sosok keledai ini merupakan karakter yang paling sering murung. Ini menunjukan gangguan mental depresi yang membuat penderita murung terus menerus layaknya Eeyore.

Tiger

Sosok Tiger merupakan karakter yang paling tak bisa diam, senang melompat kesana kemari. Ini mirip dengan penggambaran gangguan mental Attention Deficit Hyperactivity Dissorder (ADHD), yang dengan kata lain menunjukan gejala hiperaktif dan tidak bisa diam.


http://www.mesammesem.com/category-show/69/8344/tokoh-kartun-yang-punya-gangguan-jiwa

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top