0 comments

Ponsel Pintar Ubuntu Mulai Dijual Oktober 2013

11:19 PM
Ponsel pintar berbasis sistem operasi Ubuntu

Ponsel pintar (smartphone) berbasis sistem operasi Ubuntu dilaporkan segera tersedia untuk konsumen mulai Oktober tahun ini. Sebagai produsen, Canonical sudah memperkenalkan sistem operasi Ubuntu untuk smartphonepada 2 Januari lalu.
Bila sesuai jadwal yang diumumkan baru-baru ini, penjualan ponsel itu akan lebih cepat dari rencana sebelumnya. Awalnya Canonical mengatakan handset Ubuntu tersebut akan hadir di pasar pada 2014.

Sejak mengungkapkan ingin merambah pada smartphone, Ubuntu telah menjadi perhatian. Perusahaan Canonical sendiri mencari pengembang pada akhir Januari ini untuk mengembangkan 12 aplikasi inti pada smartphone Ubuntu ini.

Setelah rilis pada tahun ini, pengembang akan bisa menjajal smartphone tersebut pada akhir Februari 2014.

Dilansir dari Slashgearsmartphone berbasis Ubuntu ini akan diluncurkan dalam dua pasar geografis kunci yang sudah ditentukan.

Sementara itu, versi pertama smartphone ini tidak bisa menjalankan aplikasi versi desktop Ubuntu. Tapi sistem operasi mobile ini akan mendapatkan dukungan aplikasi yang sama yang akan diinstal pada versi desktop.

Menurut pendiri dan CEO Canonical, Mark Shuttleworth, smartphone berbasis Ubuntu dapat memiliki berbagi aplikasi Windows.

Sistem operasi smartphone ini akan mencakup 12 aplikasi inti yang saat ini dalam pengembangan, termasuk empat aplikasi sosial: Facebook, Twitter, YouTube, dan RSS reader.

Delapan aplikasi lainnya merupakan aplikas standar, seperti kalkulator, email client, jam alarm,file manager dan terminal. (eh
Sumber: viva.co.id

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top