0 comments

Pemilik Lakers Meninggal Dunia

http://coba-liat.blogspot.com/
Pemilik Lakers
Los Angeles - Kabar duka tengah menyelimuti Los Angeles Lakers dan juga bagi NBA setelah sang pemilik klub basket top itu, Jerry Buss, tutup usia di usia 80 tahun.

Buss menghembuskan nafas terakhirnya di Cedars-Sinai Medical Center setelah berjuang melawan penyakit kanker yang menggerogoti tubuhnya dalam setahun terakhir.

Kondisi kesehatannya kian memburuk dan membuat Buss absen menyaksikan seluruh pertandingan Lakers di musim ini. Demikian dilansir Los Angeles Times.

Buss sudah memiliki Lakers selama 33 tahun sejak membelinya di tahun 1979 dan menyulap tim yang identik dengan warna kuning dan ungu itu menjadi salah satu klub top di NBA -- selain Boston Celtics saat itu --. Di tangan Buss lah Lakers mampu melahirkan legenda basket dunia seperti Kareem Abdul-Jabbar, Magic Johnson, Shaquille O'Neal dan kini Kobe Bryant.

Tak hanya pemain, Buss juga bisa merekrut pelatih-pelatih top macam Phil Jackson dan Pat Riley serta menyulap Lakers menjadi "mesin uang" saat tampil di kandang mereka, Staples Center. Torehan trofi NBA yang didapat Lakers selama dimiliki Buss adalah 10 buah yang terakhir didapat tahun 2010.

"Saya ingin coba memberi Lakers sebuah image, identitas yang melekat. Maksud saya adalah membuat Lakers seperti Hollywood," demikian ucap Buss mengenai ambisinya membawa Lakers menjadi brand yang mendunia.

Sayang ketika pria kelahiran Salt Lake City 27 Januari 1933 itu mengakhiri hidupnya, Lakers tengah dalam tren menurun musim ini dan terancam tak lolos play-off karena masih berada di posisi ke-10 klasemen Wilayah Barat. Selama hidupnya Buss dikenal memang sebagai pengusaha properti yang gila olahraga meskipun mempunyai gelar doktor dalam bidang fisika.

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top