0 comments

Jalanan Paling Unik di Dunia

5:16 PM
              Jalanan Paling Unik di Dunia
Tata kota di setiap negara memang berbeda dan memiliki keunikan tersendiri. Penataan jalan dan lalu lintasnyapun bergantung pada keadaan masyarakat, serta lokasi dan bentuk geografis setempat.

1. Jalan Tersempit


Jalan Spreuerhofstraße menjadi jalan paling sempit yang ada di dunia. Jalan yang berada di kota Reutlingen, Baden Württemberg ini memiliki lebar antara 31 cm hingga 50 cm. Dengan jalan selebar ini, Anda harus memiringkan badan untuk melewatinya.

2. Bundaran Paling Ruwet

Bundaran Paling Ruwet 
Tidak salah kalau bunderan di Swindon, Inggris ini dinobatkan sebagai bundaran paling ruwet di dunia. Dibangun sejak tahun 1972, bundaran besar ini terdiri dari lima bundaran kecil. Sekilas bundaran ini memang tampak memperlancar arus lalu lintas, namun jika arus lalu lintas ramai, sepertinya bundaran ini malah justru memperumit jalanan. Bagaimana menurut Anda?.

3. Bundaran Raksasa

Bundaran Raksasa 
Jika Inggris memiliki bundaran paling ruwet, maka Malaysia memiliki bundaran paling besar di seluruh dunia. Lebar putarannya mencapai 3,4 km dan dikelilingi oleh bukit-bukit dan taman yang cantik.

Pemandangannya memang menarik, tapi kalau Anda sedang terburu-buru, sebaiknya Anda jangan sampai salah jalan di bundaran ini atau Anda akan semakin terlambat.

4. Jalan Terpanjang

Jalan Terpanjang 
Jalanan terpanjang di dunia adalah Yonge Street yang terletak di Kanada. Jalanan ini sering disebut juga dengan jalanan utama Ontario. Jalanan ini menghubungkan antara Danau Ontario di Toronto, Kanada dengan Danau Simcoe. Panjang jalanan ini mencapai 1.896 km dan dinobatkan sebagai jalanan terpanjang di dunia oleh Guinnes Book of Records.

5. Jalan Terlebar

Jalan Terlebar 
Jalan terlebar di dunia ada di Buenos Aires, Argentina. Jalan 9 de Julio Avenue memiliki lebar sebanyak 300 kaki dan memuat hingga 12 lajur kendaraan. Dengan kecepatan normal, pejalan kaki membutuhkan 2 atau 3 traffic lights untuk menyebrangi jalan ini. Hati-hati saat menyeberang ya..!

6. Jalanan Paling Curam


Baldwin Street di Irlandia adalah jalan paling curam di dunia. Bertempat di North East Valley, sekitar 3,5 kilometer dari pusat kota Dunedin, jalan ini memiliki derajat kemiringan antara 19 hingga 35 derajat.
Sepertinya agak sulit jika mendorong mobil yang mogok di jalan ini ya?.

7. Jalan Terpendek


Jika berkunjung ke Skotlandia, Anda harus mampir ke Ebenezer Place di wilayah Caithness. Jalan ini tercatat di Guiness Book of Records sebagai jalan terpendek di dunia dengan panjang jalan hanya 5,2 meter.
Jalan Terpendek
ebenezerebenezer
Jalan ini bahkan hanya terdiri dari satu bangunan, yaitu No.1 Bistro yang menjadi bagian dari Mackays Hotel. Pak pos pasti tidak sulit untuk mengantarkan surat ke alamat ini.

8. Jalan Paling Berkelok


Jalan ini menjadi salah satu landmark paling populer di San Fransisco, USA. Awalnya jalan yang memiliki kemiringan hingga 27 derajat ini dirasa terlalu curam, sehingga pada tahun 1923 jalan satu arah ini dibuat berkelok dengan delapan kali belokan.
               Jalan Paling Berkelok

Agar pengguna jalan tidak bosan dan mabuk darat saat melintasinya, di setiap belokan diselipi taman bunga yang cantik. Tempat ini pun menjadi tempat berfoto wajib bagi para wisatawan. Tapi sebaiknya jangan terlalu lama berfoto di sini karena mobil di belakang sudah antri.
Sumber: KapanLagi.com

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top