0 comments

Di balik Mercy RI 1 SBY

                Di balik Mercy RI 1 SBY


Presiden RI saat ini, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tengah sibuk-sibuk mengurus masalah kenegaraan dan juga masalah internal partainya. Namun sang 'guard', Mercy RI 1-nya selalu siap menemani segala aktifitasnya.

Segala aspek kehidupan RI 1 selalu menjadi hal populer untuk diperbincangkan, salah satunya mobil kenegaraannya. Walaupun tidak secanggih mobil kenegaraan Obama (presiden USA), banyak orang yang belum mengetahui seluk beluk mobil RI 1 ini.

Mercy S600 Pullman Guard Limousine


Mobil kenegaraan yang digunakan SBY saat ini merupakan Mercedes Benz S600 Pullman Guard Limousine yang diperkirakan lansiran tahun 2009. Sebagai orang nomor satu di negara, pasti memerlukan sebuah keamanan dan kenyamanan yang ekstra dalam menjalankan tugas-tugas kenegaraannya.

Oleh karenanya, Mercy RI 1 ini dirancang khusus dengan aspek dan fitur-fitur perlindungan ekstra daripada mobil pada umumnya. Mobil 'guard' Mercy ini sudah banyak menemani orang penting seperti perdana menteri, presiden, orang kaya bahkan seorang Paus.

Mercy S600 Pullman Guard memiliki bodi limousine yang panjang meneruskan tipe S600 sebelumnya. Panjangnya sekitar 6,3 meter dengan wheelbase 4.315 mm atau sekitar 1.150 mm lebih panjang dari bodi tipe S-Class longwheelbase. Atapnya juga sedikit lebih tinggi dan lebih besar pada cabinnya.

Mercy S600 Pullman Guard Limousine

Mercy S600 Pullman Guard pada interiornya terdiri dari 2 bangku depan dan secara terpisah empat bangku pada bagian belakangnya, dengan posisi dua baris bangku yang saling berhadapan.

                 Interior Mercy S600 Pullman Guard Limousine

Guard pada namanya menunjukkan bahwa Mercy ini memiliki perlindungan lebih yakni bodi berlapis baja. Bodi baja ini mampu menahan senjata militer kelas kecil seperti pistol, granat dan bahan peledak lainnya. Fitur pelindung lainnya antara lain ban run-flat, tangki bahan bakar yang secara otomatis mengunci dan sekaligus memadamkan api.

Konsep keamanan tersemat optimal, pada interior Mercy ini dilengkapi perangkat night view assist system sebagai pemantau kondisi luar ketika kondisi jalan gelap. Sistem ini berfungsi layaknya sonar infra merah yang mampu melihat objek dalam keterbatasan cahaya sehingga berkendara di malam hari pun terasa aman dan nyaman.

                  Interior Mercy S600 Pullman Guard Limousine

Semua fitur keamanan ekstra ini merupakan paket standar dari pabrik Mercy untuk tipe S600 Pullman Guard Limousine. Selain itu S600 'guard' juga dilengkapi dengan mesin 5,5 liter twin turbocharged V12 yang mampu menghasilkan 512 hp dan torsi puncak sebesar 830 Nm.

Untuk harganya sendiri diperkirakan mulai dari USD 300 ribu hingga USD 1.3 juta atau sekitar Rp 12,5 miliar harga tertingginya.

Satu lagi yang belum banyak masyarakat tahu, bahwa sebenarnya Mercy RI 1 saat ini merupakan wujud kesuksesan rancangan mobil klasik Mercy tempo dulu yakni Mercy 600 Pullman Limousine.

               Mercy 600 Pullman Limousine

Mobil klasik Mercy 600 Pullman Limousine ini dilansir dari tahun 1964 hingga tahun 1981. Desain bodinya seakan terabadikan ke dalam Mercy S600 Pullman Guard Limousine.

               Mercy 600 Pullman Limousine

Sumber: otosia.com

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top