0 comments

Dahlan Iskan Izinkan Motor Masuk Tol di Bali

5:00 AM
http://coba-liat.blogspot.com/
Izinkan Motor Masuk Tol

Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan memberi 'lampu hijau' sepeda motor roda 2 bisa masuk ke jalan tol milik PT Jasa Marga Tbk (JSMR) di Bali yang masih dalam tahap pembangunan.

Atas ide itu, Dahlan mengintruksikan perusahaan pengelola jalan tol pelat merah tersebut melakukan pengkajian mendalam. "Jasa Marga distudi dulu, membuat jalan khusus motor di jalan tol," tutur Dahlan kepada wartawan.


Ide ini merujuk pada perhitungan Jasa Marga di tol Bandara Ngurah Rai Bali. Sebelum sepeda motor diijinkan lewat, perhitungan secara bisnis (Internal Rate of Return/IRR) mega proyek tersebut kurang 'seksi' namun setelah diijinkan, proyek tersebut menjadi lebih menarik.

"Ini ada jalur khusus sepeda motor, karena masyarakat menginginkan, dan menguntungkan. Sebelum ada motor IRR 14% setelah motor jadi 15%," tambahnya.

Selain itu, membuka opsi menambah ruas jalan tol untuk sepeda motor karena pertumbuhan laju kendaraan roda dua tersebut sulit dibendung selagi belum adanya moda transportasi massal yang terintegrasi.

Disamping itu, sepeda motor merupakan pendukung aktivitas dan mobilitas bagi kalangan kelas menengah bawah. Sehingga, ide ini bisa sangat membantu kalangan tersebut.

"Dengan ada motor, kelas bawah bisa mempunya kecepatan mobilitas. Itu sangat menentukan perekonomian. Belum pernah dalam sejarah, golongan bawah memiliki mobilitas sama dengan golongan atas," tambahnya.

Sehingga ia menilai, pemilik kendaraan roda empat harus memahami ide tersebut. "Golongan atas harus bisa memahami ini, jangan golongan atas mengeluh motor begitu banyak. Sepeda motor lah, yang bisa membuat golongan bawah bisa menyamai mobilitas kalangan atas," cetusnya.

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top