0 comments

Bayi-Bayi yang Lahir Dengan Kondisi Tubuh Ekstreme

detail berita

Setiap orang tua tentu mengharapkan putra putrinya terlahir normal dan sehat. Tapi hal tersebut tidak dapat dirasakan oleh beberapa orang tua di dunia, karena bayi-bayinya terlahir dengan kondisi tubuh sangat ekstrem.


Berikut beberapa bayi yang terlahir dengan kondisi tubuh sangat ekstrem:

1. Bayi terkecil di dunia



Pada 24 Oktober 2006, Amilia Taylor lahir pada usia kehamilan 21 minggu 6 hari. Tak ada bayi yang lahir kurang dari 23 minggu pernah selamat, namun Amilia yang lahir hanya dengan berat 10 ons mampu bertahan hidup, bahkan berusahan untuk bernapas dan menangis sendiri saat lahir.

2. Bayi Cyclop



Pada tahun 2006, bayi India yang tak disebutkan namanya ini lahir dengan kondisi mata satu di atas dahi. Staf medis yang membantu persalinan percaya bahwa kondisinya terjadi akibat obat eksperimen anti-kanker. Penyebab lain yang ditulis dalam laporan rumah sakit adalah karena adanya kelainan kromosom.

Bayi tersebut didiagnosis dengan kelainan kromosom langka, yang disebut cyclopia. Ia dilahirkan dengan satu mata di tengah dahi, tanpa hidung dan otaknya menyatu menjadi single hemisphere. Dengan kecacatan berat seperti itu, adalah keajaiban bila bayi perempuan itu selamat hingga beberapa menit setelah melahirkan. Sayang, ia meninggal beberapa hari kemudian.

3. Bayi 'katak'

<

Lagi di tahun 2006, bayi dengan kondisi tubuh aneh lahir dari pasangan Bahadur Karki dan Suntali Karki di Gaurishnkar Hospital, Charikot, Nepal. Bayi tersebut lahir tanpa leher, dengan kepala hampir seluruhnya 'tenggelam' ke bagian tubuh atas, dan bola mata yang luar biasa besar menonjol dari soket mata. Sekilas, tubuhnya tampak seperti katak.

Bayi dengan berat 2 kg tersebut lahir setelah periode 9 bulan kehamilan normal. Namun dengan kondisinya yang sangat ekstrem, sang bayi hanya mampu bertahan hidup selama 30 menit. Menurut laporan, bayi tersebut mengalami kondisi anencephaly, cacat tabung saraf (seperti cyclopia), tanpa pembentukan otak yang tepat. Itulah sebabnya, wanita hamil harus cukup asupan folat di awal kehamilan.

4. Bayi lahir dengan berat 7,75 kg



Pada tahun 2007, seorang wanita Siberia melahirkan anak perempuan bernama Nadia dengan berat bayi 7,75 kg. "Kami semua terkejut," ujar ibu Nadia, Tatyana Barabanova.

5. Bayi dengan 6 kaki



April 2012 lalu, seorang bayi di Pakistan lahir dengan kondisi genetik langka yang membuatnya memiliki 6 kaki. Bayi laki-laki tersebut diyakini awalnya merupakan janin kembar. Sayangnya, salah satu kembaran lahir secara prematur dan tidak berkembang secara sempurna, sehingga membuat kembarannya yang lain harus memiliki kaki tambahan.

Beruntung, kini dokter sudah bisa mengangkat 4 kaki tambahan tersebut dan bayi laki-laki tersebut bisa tumbuh dengan normal.


http://www.mesammesem.com/category-show/69/9009/bayibayi-yang-lahir-dengan-kondisi-tubuh-ekstreme

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top