0 comments

Sosok Bocah 9 Tahun Jabat Pakar IT di Microsoft

12:54 AM
detail berita
Pranav Kalyan 

CHENNAI - Luar biasa, mungkin itulah kata yang tepat dilontarkan untuk seorang bocah sembilan tahun asal India yang menjabat sebagai spesialis teknologi di Microsoft. Posisi terpenting di Microsoft Certified Technology Specialist (MCTS) ini menjadikan Pranav Kalyan sebagai pria paling muda di tubuh raksasa pengembang softwaredan hardware tersebut.

Dilansir Timesofindia, Rabu (16/1/2013), Pranav Kalyan, pelajar dari Willow Elementary School, California, merampungkan ujian MCTS di ASP.NET Framework 3.5 pada Januari 2012. "Ketika balita, Pranav lebih tertarik pada komputer ketimbang mainan," ungkap Kalyan Kumar, ayah dari Pranav yang lahir di Madurai dan menetap di California.

Ia mengatakan, Pranav mampu memecahkan masalah dalam hitungan diferensial dan hitungan integral. "Efisiensinya dalam matematika membantunya menulis program," imbuhnya.

Pranav mengungkapkan bahwa ia bercita-cita menjadi seorang ilmuwan. "Saya telah diperkenalkan ke dunia komputer ketika saya berusia 2 tahun," tutur Pranav.

Pranav menemukan bahwa ia menyukai bidang matematika dan tertantang untuk dapat memecahkan masalah rumit. Sehingga, dengan kegemarannya dalam bidang hitung-menghitung, dapat mendukungnya dalam menulis program komputer yang memerlukan keterampilan logika.

Di usia 6 tahun, Pranav mulai menulis program HTML sederhana dan mempersiapkan dirinya selama 18 bulan terakhir. "Saya menghabiskan setidaknya delapan jam sehari di pemrograman komputer selama liburan," terangnya.

Pranav memiliki daftar nama yang menginspirasi dirinya untuk menjadi seorang profesional. Daftar nama tersebut antara lain Manivannan, seorang insinyur di SAGE, Amerika Serikat, yang memperkenalkan dirinya ke dunia komputer di usianya yang masih menginjak 3 tahun.

Pranav juga menyebut Nadhiya, yang mengakui kemampuan matematikanya serta mendorong dan memotivasi dirinya untuk mengejar sertifikasi MCTS. Selain dua figur tersebut, Pranav juga dibantu oleh kolega dari pihak ayahnya di Bank of America, yang memfasilitasi Pranav untuk meraih jabatannya saat ini.

Pranav juga pernah berpartisipasi dalam kompetisi Math Bee tingkat nasional, yang didukung oleh North South Foundation, Amerika Serikat. Ia mengikuti kompetisi matematika tersebut ketika berusia tujuh tahun.

Tidak hanya jenius dalam soal hitung-menghitung, Pranav juga aktif dalam kegiatan ekstrakulikuler dan memenangkan turnamen catur antar sekolah selama dua kali berturut-turut.

Computer Professional, K. Rajesh mengakui kemampuan luar biasa yang dimiliki Pranav. "Untuk seorang profesional komputer ASP.NET tidaklah begitu sulit. Namun, untuk seorang anak usia sembilan tahun, ini menandakan upaya sang anak memiliki kemampuan logis dan penalaran," tutur Rajesh.

Lebih lanjut Rajes mengatakan, tidak semua orang bisa mendapatkan sertifikasi Microsoft. Sertifikasi tersebut hanya bisa didapat bagi mereka yang berhasil menyelesaikan pertanyaan rumit. (amr)

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top