0 comments

Ma’nene, Tradisi Unik Yang Menyeramkan Dari Tana Toraja

9:26 AM
Apakah anda pernah mendengar tradisi Ma’nene dari Sulawesi Selatan?? Tradisi satu ini sangat unik, dan menjadi objek penelitian banyak pihak dari luar negeri. Ma’nene merupakan tradisi asli dari masyarakat Toraja yang tinggal di Sulawesi Selatan. Ma’nene diselenggarakan tiga tahun sekali sebagai bentuk penghormatan pada leluhur dan orang-orang yang telah lebih dulu meninggal dunia.



Tradisi Ma’nene dimulai dengan membongkar kuburan para leluhur atau keluarga yang telah lebih dulu meninggal. Para jenazah yang telah dikubur beberapa tahun atau ratusan tahun lalu masih dalam kondisi bagus dan utuh, layaknya mumi. Usai kuburan dibongkar, jenazah kemudian dikeluarkan dari peti dan dipakaikan baju yang baru. Usai ‘mendandani’ jenazah, kemudian para keluarga berbondong-bondong mengarak atau mengajak jenazah tersebut berjalan-jalan keliling kampung.



Selain sebagai upacara penghormatan pada leluhur, tradisi Ma’nene ini juga sebagai ajang berkumpul seluruh sanak saudara. Karena untuk mendandani dan mengarak jenazah leluhur, seluruh keluarga besar diharuskan berkumpul terlebih dahulu.





0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top