0 comments

Konsumsi Buah dan Sayur Bikin Orang Lebih Bersemangat

http://coba-liat.blogspot.com/
Konsumsi Buah dan Sayur

Jakarta - Para pecinta daging, masih tak bernafsu menyantap buah dan sayur? Jika bukti-bukti ilmiah yang sudah ada masih kurang meyakinkan bagi Anda, mungkin hasil penelitian yang satu ini bisa membuat Anda tertarik menyantap buah dan sayur. Ternyata, konsumsi keduanya bisa membuat Anda lebih bersemangat!

Peneliti dari departemen psikologi University of Otago, Selandia Baru, meminta 281 anak muda untuk mengisi online food diary selama 21 hari. Di akhir masa percobaan, mereka yang banyak mengonsumsi sayur dan buah merasa lebih tenang, bahagia, dan bersemangat daripada biasanya. Sementara itu, mereka yang menyantap junk food dilaporkan tak mengalami perubahan mood.

"Setelah menganalisis lebih jauh, kami menemukan bahwa anak muda perlu mengonsumsi sekitar total 7-8 porsi buah dan sayur per hari agar perubahan positifnya terlihat," ujar kepala penelitian Dr. Tamlin Conner. Menurut situs Daily Mail, satu porsi buah dan sayur kira-kira berukuran setengah cup atau muat di telapak tangan.

Lantas, mana yang lebih dulu terjadi antara munculnya perasaan positif dan mengonsumsi makanan sehat? Untuk mengetahui jawabannya, Dr. Conner dan timnya melakukan analisis tambahan. Mereka menemukan bahwa konsumsi buah dan sayur diramalkan akan meningkatkan mood positif keesokan harinya. Artinya, makanan sehatlah yang bisa memperbaiki mood.

Meski studi ini memperlihatkan hubungan yang menjanjikan antara makanan sehat dan mood baik, diperlukan penelitian lebih lanjut. "Misalnya pengembangan percobaan kontrol random untuk mengevaluasi pengaruh tingginya asupan buah dan sayur terhadap mood dan kesehatan," lanjut Conner.

Studi yang dimuat di British Journal of Health Psychology ini mirip dengan hasil penelitian sebelumnya. Dikatakan bahwa konsumsi buah dan sayur bisa menimbulkan optimisme.

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top