0 comments

Kenapa Seorang Programmer Bekerja Pada Malam Hari?

10:06 PM
Kenapa Seorang Programmer Bekerja Pada Malam Hari? - Sebuah pepatah populer di dunia maya mengatakan bahwa programmer adalah mesin yang bekerja pada malam hari dengan mengubah tenaga kafein menjadi kode. Pepatah tersebut ada benarnya, tanyalah seorang programmer secara acak dengan pertanyaan : Kapankah mereka melakukan pekerjaan terbaik ?

Ada kemungkinan besar mereka akan melakukannya pada larut malam. Sebuah tren populer untuk programmer adalah bangun pukul 2 pagi dan menyelesaikan beberapa pekerjaan sebelum orang lain bangun di pagi hari. Atau programmer lainnya biasanya tidur pukul 4 pagi karena memulai pekerjaan pada pukul 11 malam.

Hal itu dikarenakan oleh dua hal, yaitu otak yang mengantuk dan layar komputer yang cerah.

1. Otak Yang Mengantuk
Programmer harus tidur di malam hari karena mereka bukan ras manusia super. Bahkan mereka merasa lebih waspada pada siang hari. Lalu mengapa programmer bisa melakukan pekerjaan otak yang paling rumit kita ketika otak ingin tidur ? Dan mengapa mereka bisa melakukan tugas-tugas sederhana ketika otak berada pada keadaan segar?

Jawabannya adalah karena lelah membuat manusia memprogram kode lebih baik. Ketika otak programmer tidak bekerja pada kapasitas maksimal maka otak akan mencari sesuatu yang lain untuk dilakukan. Menjadi lelah membuat mereka menganggap bahwa tugas yang ada di depan monitor sudah cukup.

2. Layar Komputer Yang Terang
Penjelasan mengenai hal ini cukup sederhana. Terus menatap sumber cahaya terang di malam hari maka akan membuat siklus tidur programmer menjadi tertunda. Mereka lupa bahwa jarum jam sudah ada di angka 4 pagi. Kemudian mereka bangun pukul 11 malam dan ketika malam datang maka mereka tidak merasakan lelah karena bangun sejak pukul 11 malam.

Pada dasarnya bahwa terangnya layar monitor dapat menyeret programmer ke zona waktu yang berbeda, setelah hal itu berlangsung sekian lama maka akan membuat mereka mendapatkan kenyamanan untuk tidur pada jam 03:00-04:00. Dan mereka cenderung untuk tetap melakukannya setiap hari.

Programmer bekerja pada malam hari karena tidak ada batas waktu untuk berhenti bekerja, hal itu memberikan perasaan yang lebih santai dan otaknya tidak terus mencari gangguan serta layar cerah membuat mereka tetap terjaga. | uniqpost.com

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top