0 comments

Kakek Usia 80 Tahun Siap Taklukkan Puncak Himalaya!

3:00 AM
http://coba-liat.blogspot.com/
pedaki gunung tertua

Kathmandu - Pendaki sekaligus pemain ski asal Jepang, Yuichiro Miura, telah menginjakkan kaki di Gunung Everest pada 1970 silam. Kali ini, di usianya yang ke-80, Miura ingin kembali menaklukkan puncak tertinggi di dunia itu.

Miura mengungkapkan keinginannya mendaki Gunung Everest musim semi tahun ini. Kalau sukses, ia akan menjadi orang tertua yang pernah menginjakkan kaki di puncak tertinggi Pegunungan Himalaya tersebut.

Dari situs Gadling yang dikutip detikTravel, ini bukanlah yang pertama kalinya Miura mendaki Everest. Ia sudah menginjakkan kaki di gunung ini pada 1970 silam. Pada 1985, Miura bahkan 'khatam' menaklukkan 7 puncak tertinggi dunia (Seven Summits).

Selain sebagai pendaki gunung, Miura juga pemain ski. Ia telah mengunjungi puncak-puncak Pegunungan Himalaya, dan menjadi orang pertama yang bermain ski dari puncak sampai lerengnya. Pria yang waktu itu berusia 37 tahun ini menginspirasi film dokumenter peraih Oscar "The Man Who Skied Down Everest".

Setelah menaklukkan Seven Summits, Miura hidup lebih tenang. Namun bukan berarti ia berhenti begitu saja. Pada 2003, Himalaya seperti memanggilnya kembali. Di usia 70 tahun, Miura jadi orang tertua yang berhasil mencapai puncak Everest.

Miura bertekad menjadikan 'kunjungan' ke Gunung Everest itu sebuah rutinitas, 5 tahun sekali. Maka 5 tahun setelahnya, di usia ke-75, Miura pun kembali mendaki gunung tersebut. Tahun ini, usia Miura beranjak 80 dan ia bersikukuh ingin kembali ke Himalaya.

Di puncak gunung berketinggian 8.848 mdpl itu, oksigen sangat tipis. Jangankan Miura, para pendaki muda yang usianya setengah dari Miura pun seringkali kesulitan bernafas. Namun Miura optimis, katanya, butuh energi dan kekuatan masa muda kalau dia mau sukses mendaki kali ini.

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top