0 comments

'Bill Gates' versi Afrika

http://coba-liat.blogspot.com/
bill gates versi afrika

Johannesburg - Taipan tambang Patrice Motsepe berencana menyumbangkan setengah dari seluruh harta kekayaan milik keluarganya kepada orang yang tidak mampu. Ia menjadi warga Afrika pertama yang melakukan hal ini.

Sebelumnya, dua miliuner lain sudah melakukan hal yang sama, yaitu miliuner teknologi Bill Gates dan miliuner investasi Warren Buffett. Pria yang dilahirkan di Soweto ini diperkirakan punya harta sekitar US$ 2,7 miliar (Rp 25,65 triliun). 

Layaknya Gates dan Buffet, ia juga berniat berpartisipasi dalam the Giving Pledge, yaitu sumpah yang diambil para orang kaya di dunia menyumbangkan sedikitnya setengah dari harta yang mereka punya untuk orang yang lebih membutuhkan.

"Kebutuhan dan masalah yang dihadapi (dunia) sangat banyak," kata Motsepe dalam keterangan tertulis yang dikutip AFP.

Ia pun bersumpah untuk menyumbangkan "setidaknya setengah dari harta yang sudah dihasilkan keluarga kami," ujarnya.

Seorang sumber yang merupakan orang dekat Motsepe mengatakan, sang taipan masih bingung menentukan jumlah pasti yang akan disumbangkan. "Pastinya setengah dari total harta kekayaan, yang ada sekarang dan nanti. Tidak ada batas waktu, ini akan dilakukan secara berkesinambungan," kata si sumber.

Uang sumbangan itu, kata Motsepe, akan digunakan untuk membantu warga Afrika Selatan yang miskin dan kekurangan.

"Kami berharap Giving Pledge ini akan mendorong orang kaya lain di Afrika Selatan dan negara berkembang lainnya melakukan sumbangan serupa demi dunia yang lebih baik," katanya.

Pria berumur 51 tahun ini menghasilkan kekayaannya dengan susah payah di tengah situasi ekonomi yang didominasi oleh kulit putih di hukum apartheid. Ia mendirikan perusahaan tambang African Rainbow Minerals (ARB) sampai akhirnya menjadi orang Afrika terkaya kedelapan menurut majalah Forbes.

Selama enam bulan terakhir di 2012, ARB meraup pendapatan US$ 390 juta (Rp 3,7 triliun) dari penjualan emas, platina, bijih besi dan batubara dari tambangnya yang berada di Afrika Selatan, juga tembaga dari tambang di Zambia dan Kongo

Ia juga punya klub sepakbola bernama Mamelodi Sundowns yang bermarkas di Pretoria. Sumbangan ini akan ia salurkan melalui yayasan bernama Motsepe Family Foundation, yang ia dirikan bersama istrinya 1999 silam.

Sejak Gates dan Buffet meluncurkan program The Giving Pledge 2010 lalu, sebanyak 70 miliuner dari seluruh dunia sudah ikut serta. Motsepe sendiri sangat berterima kasih kepada dua miliuner itu karena telah mendorongnya berperan lebih banyak di dunia kemanusiaan.

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top