0 comments

Fakta Menarik Pertumbuhan Raksasa Android

1:00 AM
http://coba-liat.blogspot.com/
Android

Jakarta - Dalam waktu yang cukup singkat, sistem operasi Android berhasil menjadi yang paling dominan di industri smartphone dunia. Begitu banyak ponsel dan tablet PC Android yang sekarang bertebaran di pasaran.

Android adalah sistem operasi open source yang dikembangkan oleh Google. Karena bisa digunakan secara 'gratis', banyak vendor ponsel pun seakan berlomba mengadopsinya.

Berikut adalah beberapa fakta menarik mengenai sistem operasi robot hijau tersebut.


1. Dilahirkan Tahun 2005

http://coba-liat.blogspot.com/
Cikal bakal Android berasal dari tahun 2005. Kala itu, Andry Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Chris White mendirikan Android Inc.

Tidak banyak yang mengenal Android Inc ketika itu. Para pendiri mengoperasikannya secara tertutup. Yang diketahui adalah, Android Inc sedang mengembangkan software ponsel.

Andy Rubin yang bertindak sebagai 'ketua', sempat kehabisan uang di start up ini. Beruntung seorang teman bernama Steve Perlman memberinya USD 10 ribu.

Tahun itu, Andy Rubin coba melobi Google untuk mencari dukungan pada pengembangan Android. Ia pun menemui Larry Page selaku pendiri Google.

2. Dibeli Google

http://coba-liat.blogspot.com/
Larry Page pun sangat tertarik dengan Android. Ia memproyeksi OS ini akan membantu Google untuk bertarung di industri ponsel masa depan.

Malah ia akhirnya memutuskan tidak sekadar mendukung, namun ingin membeli Android secara keseluruhan. Rubin pun terkejut, namun jelas merasa sangat senang.

Jadilah Google meminang Android pada bulan Juli 2005. Diestimasi harganya sekitar USD 50 juta.

Google memboyong para pendiri Android untuk tetap bekerja di sana. Sedangkan Andy Rubin menjadi Senior Vice President of Mobile and Digital Content yang membawahi pengembangan Android.

3. HTC Dream/G1, Ponsel Pertama Android

http://coba-liat.blogspot.com/
November 2007, Google mengumumkan terbentuknya Open Handset Alliance yang didirikan Google bersama 34 perusahaan lain, untuk mengembangkan OS Open Source bernama Android.

Ponsel pertama dengan sistem operasi Google Android akhirnya dirilis tahun 2008. Ponsel besutan HTC itu diluncurkan di New York dan kala itu digadang-gadang bakal menggoyang dominasi smartphone Apple iPhone ataupun BlackBerry.

Ponsel itu mulai dijual di Amerika Serikat pada bulan Oktober seharga USD 179 dan di Inggris awal November. G1 yang dibundling operator T-Mobile berlayar sentuh dan punya keyboard sliding qwerty.

Juga diberikan tiga pilihan warna bagi konsumen yakni hitam, putih dan cokelat. Fitur Wi Fi,GPS, kamera 3 megapiksel, email maupun instant messaging juga tersedia di ponsel ini.

4. Menjadi OS Mobile Paling Top di 2010

http://coba-liat.blogspot.com/
Pamor Android terus menanjak. Didukung oleh banyaknya vendor besar yang mengadopsinya. Sampai akhirnya OS ini menjadi yang terpopuler dunia.

Itu terjadi pada kuartal IV 2010, di mana serbuan ponsel Android sukses mengalahkan pasokan ponsel Symbian yang kala itu masih paling top.

Berdasar data biro riset Canalys, pengapalan ponsel Android di kuartal IV 2010 menembus angka 32,9 juta unit. Sementara handset-handset Symbian hanya mencapai angka 31 juta unit saja.

Data lain milik Computer Weekly mengatakan, pangsa pasar OS milik Google itu terus meningkat dari 8,7 persen di 2009 menjadi 33 persen di 2010. Saat ini, pangsa pasar Android di kisaran 70%.

5. Berbagai Versi Android

http://coba-liat.blogspot.com/
Android terus menerus diupdate oleh Google dengan penambahan beragam fitur baru. Versi terawal adalah Donut yang rilis pada September 2009.

Kemudian ada Eclair yang lahir pada Oktober 2009. Pada bulan Mei 2010, datanglah OS Android Froyo (Frozen Yoghurt).

Kemudian secara berturut-turut ada Gingerbread, Honeycomb dan Ice Cream Sandwich.

Pada Juli 2009, datanglah versi Android terbaru yang dinamakan Jelly Bean. Tahun 2013 ini, Google digosipkan merilis Key Lime Pie.

6. 1,3 Juta Gadget Android Lahir Tiap Hari

http://coba-liat.blogspot.com/
Executive Chairman Google Eric Schmidt mengatakan baru baru ini bahwa ada 1,3 juta aktivasi perangkat Android setiap harinya.

Executive Chairman Google Eric Schmidt mengatakan saat ini ada 1,3 juta aktivasi perangkat Android setiap harinya. Namun angka tersebut dinilai belum cukup memuaskan sang raksasa internet.

Biro riset IDC memperkirakan, Android masih akan memimpin setidaknya empat tahun ke depan atau 2016. Menurut data IDC, pangsa pasar Android saat ini secara global adalah 63,8%.

Posisi kedua masih akan ditempati iOS besutan Apple yang saat ini punya pangsa pasar 18,8%.

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top