0 comments

Amati Cara Berburu Penguin di Laut

http://coba-liat.blogspot.com/
Berburu Penguin di Laut

TOKYO - Peneliti mengamati kemampuan berburu penguin di bawah laut. Melalui kamera yang dipasang pada bagian kepala penguin, peneliti asal Jepang mendapatkan wawasan baru mengenai cara berburu unggas itu.

Dilansir Discovery, kamera video berbobot 33 gram yang dilengkapi dengan akselerometer, pengukur kedalaman, dan termometer, peneliti dapat melihat secara jelas aktivitas penguin Adelie ketika berburu di bawah air. Penguin Adelie merupaka spesies yang umumnya tinggal di pesisir Antartika.

Yuuki Watanabe dari National Institute of Polar Research di Tokyo menjelaskan, akselerometer merupakan perangkat yang juga digunakan untuk telefon mobile, komputer tablet dan konsol game.

Perangkat tersebut memungkinkan peneliti mengukur pergerakan kepala penguin. Pada saat pengamatan, perangkat tersebut berhasil memperlihatkan penemuan yang menarik. Mereka terpukau dengan prilaku penguin yang dapat disesuaikan ketika berburu.

Melalui akselerometer dapat mengetahui kemampuan penguin yang dapat menangkap dua mangsa dalam hitungan detik. "Kini, kami mengetahui apa yang diburu oleh penguin Adelie dan berapa banyak penguin itu memakannya. Kami bisa memahami bagaimana penguin itu dapat tetap hidup dan mengetahui lingkungannya," jelas Watanabe.

Lebih lanjut ia mengatakan, sayangnya habitat penguin ini keberlangsungan hidupnya terancam akibat mencairnya es di wilayah Antartika. Alhasil jumlah populasi penguin bisa menurun drastis.

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top