0 comments

5 Hantu Paling Konyol di Dunia


Cerita hantu selalu berawal dari dongeng kebudayaan daerah. Cerita hantu di suatu daerah atau negeri akan berbeda dengan cerita hantu di daerah atau negeri lainnya. Contohnya di negeri kita sendiri, khususnya daerah Sunda, ada kolong wewe atau kalong awewe (kelelawar wanita). Cerita hantu kolong wewe dimunculkan untuk menakuti anak kecil agar tidak keluar selepas maghrib. Berikut  lima cerita hantu di dunia yang serupa dengan kasus kolong wewe tersebut dan “mungkin belum pernah Anda dengar sebelumnya.”

1. Hantu Tetek

Masyarakat Indonesia pasti asing dengan nama Hantu yang satu ini. Ya, memang mitos hantu ini hanya popular di Malaysia. Dari namanya juga pasti Anda sudah bisa menebak bagian seram mana yang menonjol dari hantu ini dan apa penyebab mitos hantu ini muncul.

Seperti yang bisa Anda duga, hantu wanita ini memiliki payudara besar yang digunakan untuk menyiksa korban-korbannya dan mencekik korban tersebut sampai mati. Konon, payudara Hantu Tetek tersebut terletak di punggung bukan di depan. Ada banyak versi tentang bagaimana cerita hantu ini muncul. Beberapa orang percaya bahwa hantu ini sebenarnya adalah penyihir dari Bali. Terbayang bagaimana bila Anda bertemu dengan satu sosok yang memiliki payudara sangat besar yang terletak di punggung? Mungkin akan lebih sulit mengejar korban apabila payudaranya terletak di depan.

2. Shirime 

Apabila di Malaysia ada hantu yang bersenjatakan payudara, di Jepang kita temui hantu yang ke’seraman’nya terletak di anus. Orang Jepang menyebutnya Shirime. Shirime alias “mata pantat” adalah sosok yōkai aneh dengan satu mata yang terletak di anusnya. Konon, ceritanya berawal dari seorang Samurai sedang berjalan di malam hari di jalan Kyōto, lalu ia pun mendengar seseorang memanggilnya dan menyuruhnya untuk menunggu. “Siapa disana?!” Samurai tersebut bertanya dengan gugup. Dan ketika melihat sekeliling, ia menemukan seorang pria sedang membuka bajunya dan menonjolkan pantat bulatnya ke petualan tersebut. Sebuah mata raksasa gilang-cemerlang kemudian terbuka membelalak di tempat dimana seharusnya tempat buang air besar berada. Konyolnya, kenapa seorang Samurai yang terkenal kuat dan sigap dan selalu menyandang pedang di sampingnya tidak lantas menancap mata tersebut karena kaget. Bisa saja, kan? Memang konyol. Eit, tapi tunggu dulu. Apakah hantu ini seram atau lucu?

3. Tuyul

Sekarang kita beralih ke negeri sendiri. Memang banyak sosok hantu di Indonesia, namun kami hanya akan membahas satu saja dari mereka, yaitu tuyul atau toyol. Tuyul (bahasa Jawa: thuyul) dalam mitologi Nusantara, terutama di Pulau Jawa, adalah makhluk halus berwujud anak kecil atau orang kerdil dengan kepala gundul. Tuyul dapat dipekerjakan oleh seorang majikan manusia untuk alasan tertentu, terutama mencuri (uang). Untuk menangkal tuyul, Anda cukup pasang yuyu di sejumlah sudut rumah karena tuyul dipercaya menyukai yuyu sehingga ia lupa akan tugas yang dibebankan pemiliknya.

Kejadian tuyul dipercaya berasal dari janin orang yang keguguran atau bayi yang mati ketika lahir. Karena berasal dari bayi, karakter tuyul juga seperti anak-anak: gemar bermain (seperti laporan orang melihat sejumlah tuyul bermain pada tengah malam, dsb.). Menurut saya, tidak harus selalu yuyu untuk menangkal tuyul. Mainan apa pun yang disukai anak kecil pasti disukai tuyul juga. Benar, kan? Lagipula, uang yang dicuri tuyul disimpan di mana? Toh, mereka gak bawa kantong.

4. Anak Keledai Tak Berkepala

Setelah melihat hantu-hantu di Asia, mari sekarang kita tengok cerita hantu di Barat, khususnya Brazil. Di sana ada hantu anak keledai tak berkepala atau bahasa Inggrisnya yaitu Headless Mule. Konon, anak keledai ini adalah hantu dari seorang wanita yang telah dikutuk oleh Dewa atas dosa-dosanya (dikatakan telah melakukan perbuatan zina dengan seorang pendeta di dalam gereja) dan dikutuk menjadi seekor keledai tak berkepala yang menyemburkan api, berlari-lari mengelilingi daerah pedesaan dari Kamis senja sampai Jumat dini hari. Mitos ini memiliki beberapa variasi terkait dosa yang mengubah wanita terkutuk tersebut menjadi monster.

Konon katanya untuk melepaskan kutukan tersebut, hantu tersebut harus ditusuk atau kekangannya harus dicabut kemudian wanita tersebut harus menikahi pria yang mencabut kutukan tersebut. Hmmm…ingin punya pasangan hidup yang cantik dan sudah bertobat? Hadapi dulu Headless Mule yang menyemburkan Api.

5. Hantu Ayam dari Highgate

Bagaimana dengan cerita hantu di Inggris. Lahirnya cerita hantu ayam ini tergolong unik. Hantu Ayam dari kota Highgate benar-benar menjadi salah satu hantu teraneh. Hantu Ayam Beku! Bukan lelucon. Ceritanya berasal pada awal April 1626, selama musim semi yang dingin, Sir Francis Bacon sedang berkeliling di Alun-alun bernama Pond Square dengan menggunakan delman, dengan temannya Dr. Witherbone. Mereka sedang membahas cara-cara lain untuk mengawetkan makanan selain metode pengasinan. Mungkin karena pada hari itu begitu dingin, sehingga Bacon menyarankan untuk menggunakan metode pendinginan. Dr. Witherbone menertawai gagasan yang tidak masuk akal tersebut. Kemudian Bacon memutuskan untuk menguji teorinya. Ada beberapa perkebunan di Highhate dimana ayam dapat dibeli dengan mudah. Sehingga setelah dibeli, dibunuh dan dibersihkan, Backon membungkusnya dengan salju dan memasukkannya ke dalam karung besar dengan lebih banyak salju lagi di sekelilingnya. Ayam beku pertama di dunia.

Apakah eksperimen tersebut berhasil atau tidak, namun Bacon yang malang tidak pernah mengetahuinya. Pasalnya, ia menderita demam akibat berlari-lari kesana kemari di bawah hujan salju dan menyebabkan radang paru-paru. Tanggal 9 April 1626, Backon meninggal dan dikubur di St. Michael’s Church, St. Albans.

Namun, bukan hantu Sir Francis yang gentayangan, tapi hantu ayam Highgatelah yang mengganggu masyarakat. Dan, selama 300 tahun hantu ayam tersebut berkeliaran di tempat dimana Bacon bereksperimen. Banyak orang yang menyaksikan hantu ayam ini sejak sesaat setelah kematian Bacon sampai Perang Dunia II. Dan, terakhir hantu ayam tersebut terlihat adalah sekitar tahun  1970an.
Hmmmm…terbayang oleh Anda? Lucu atau Seram?

Memang terasa cerita-cerita hantu di Barat tidak seseram cerita hantu lokal. Mungkin karena memang metode membuat jera seseorang tidak perlu menggunakan mitos hantu. Masih banyak cerita-cerita hantu di luar sana yang mungkin belum kita ketahui. Silahkan isi komentar di bawah ini apabila Anda punya cerita hantu menarik atau konyol lainnya.


0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top